Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

DARI REDAKSI
Sabtu, 14 Nov 2009, view 1291 x
Fajar Group Salurkan Bantuan
PALOPO-- Yayasan Kemanusiaan Fajar (YKF) melakukan aksi kemanusiaan di lokasi bencana longsor Battang Barat, Kec. Wara Barat, Kota Palopo, Kamis, 12 Nopember kemarin.


Tim YKF dibawa koordinator Munjin Asy'ary turun ke lokasi bencana menyalurkan bantuan untuk korban longsor.
Bantuan bahan makanan dan pakaian dari YKF diserahkan Munjin Asy'ary secara simbolis kepada Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso di Posko Induk Penanggulangan Bencana Longsor di Km. 10 Kel. Battang, sekitar pukul 11.00 Wita. Penyerahan bantuan ini disaksikan Pemred Palopo Pos, Amran A Suyuti, Redaktur Pelaksana (Redpel) Palopo Pos, Ikhwan Ibrahim, Kepala Biro Harian Fajar Palopo, Basri.

Dikatakan Munjin, bantuan yang disalurkan berupa Indomie/Sarimi sebanyak 300 dos, pakaian baru serta pakaian bekas layak pakai sebanyak 1.000 lembar.

''Sumbangan ini sebenarnya berasal dari pembaca Harian Fajar yang dihimpun melalui Yayasan Kemanusiaan Fajar (Group Palopo Pos). Harapan kita, masih ada bantuan tahap kedua. Namun itu tergantung situasi di lokasi bencana,'' terangnya.

Usai penyerahan bantuan, Tim YKF yang beberapa waktu lalu juga melakukan aksi yang sama di lokasi gempa Padang, Sumatera Barat ini, juga menyisir lokasi bencana hingga Km. 23 poros Palopo-Toraja.

Munjin begitu prihatin melihat kondisi wilayah Battang Barat yang rawan longsor. Ia pun terenyuh melihat rumah warga yang hancur dihantam longsor.

KEKURANGAN SERAGAM

Memasuki hari keempat pascabencana longsor, kondisi pengungsi yang jumlah mencapai 400 jiwa lebih, tidak jauh beda dengan kondisi sebelumnya. Beberapa pengungsi mulai terserang penyakit inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA), diare, dan trauma.

Malah sebagian pengungsi merasakan gejala depresi karena mulai jenuh sepanjang hari di camp pengunsian tanpa melakukan aktivitas. Di tempat pengungsian, mereka hanya duduk-duduk, tidur, makan, ngobrol, dsb.

Namun soal makanan, pengungsi masih mendapatkan makanan dan minuman yang cukup hingga hari keempat pascalongsor. Namun demikian, stok makanan yang ada di Posko Induk dinilai masih kurang.

Sebagaimana dikatakan Wawali, RMB kepada Palopo Pos, meski pengungsi sejak hari pertama hingga keempat di pengungsian masih kecukupan makanan, namun stok yang di posko dinilai belum cukup.

Karena kebutuhan besar untuk 400 lebih pengungsi setiap hari mencapai 1,5 ton. Sementara stok yang ada di posko, mulai menipis.

''Kita perkirakan, keadaan darurat ini masih berlangsung paling cepat tujuh lagi hari ke depan. Bisa lebih. Makanya, kita berharap agar saudara-saudara kita yang berkecukupan, menyalurkan bantuan,'' katanya.

RMB juga mengatakan, kebutuhan warga kurang saat ini adalah pakaian seragam sekolah dan buku pelajaran. ''Ini yang sangat dibutuhkan agar anak-anak korban bencana bisa tetap masuk sekolah seperti biasa,'' katanya lagi.

BANTUAN

Berdasarkan rekapitulasi bantuan di Posko Induk Km 10, bantuan dari dermawan terus mengalir. Hingga kemarin (per 11 Nopember 2009), bantuan besar yang masuk mencapai 2.213 kg, indomie 668 dos, air mineral 50 dos, tikar 40 lembar, terpol 20 lembar, sarung 167 lenbar, selimut 46 lembar, pakaian 77 karung, pakaian sekolah 60 pasang, ikan basah 2 basket, susu 51 kaleng, gula pasir 66 kg, kopi 7 kg, telur 9 rak, mi goeng 15 kg, ikan kering 32 jg, biskuit 26 kaleng, alat dapur 75 perangkat, bensin 20 liter, minyak tanah 10 liter, obat-obatan 5 dos, kecap 6 dos, gelas plastik 100 buah.

''Bantuan tersebut berasal dari SKPD lingkup Pemkot, lembaga/organisasi non pemerintah, serta sumbangan perorangan,'' jelas Mirsan Rustan, petugas Posko Induk dari Badan Kesbangpo-Linmas Palopo, Kamis kemarin.

Lanjut Mirsan, bantuan yang disebutkan tadi, belum termasuk bantuan yang masuk pada Kamis, seperti bantuan dari Fajar Group, bantuan Polda Sulselbar beras 150 kg, bantuan dari Kodam, dll. Disamping itu, ada pula bantuan yang langsung disalurkan kepada korban tanpa melalui Posko Induk. (ikhwan)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi