Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

MASAMBA
Kamis, 10 Jun 2010, view 380 x
JPU Lakukan Perlawanan ke PT Sulsel
Hakim Cabut Dakwaan Hamnir
MALILI – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Malili memutuskan menolak dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap mantan bendahara Pemkab LUwu Timur, Hamnir, terdakwa kasus dugaan korupsi APBD Luwu Timur 2007-2008. Penolakan dakwaan itu sekaligus membebaskan satu-satunya tersangka korupsi dalam kasus itu. Ketua Majelis Hakim yang dipimpin Ketua PN Malili, Bakri, SH dalam membacakan putusan sela dengan keputusan nomor 09/PID.B/2010/PN.Mll menyebutkan, dakwaan JPU tidak jelas dan terdapat pertentangan uraian dalam dakwaan primer dan sekunder.
“Dakwaan yang disampikan oleh JPU sangat membingungkan dan tidak jelas, selain itu dapat disimpulkan jika isi dakwaan itu menyesatkan,” ujar Bakri yang dikonfirmasi usai pembacaan putusan sela di PN Malili, Rabu 9 Juni kemarin.
Dia menyebutkan, tindakan koruspi seperti kasus yang dialami lHamnir, sangat tidak mungkin dilakukan seorang diri, melainkan harus dipertanggungjawabkan secara bersama-sama oleh pihak lain seperti pengguna anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).
Bakri juga menyebutkan kekurangan isi dakwaan yakni tidak adanya pasal penyertaan pasal 55 KUHP. “Atas dasar itu, kami dari majelis hakim berkesimpulan mengabulkan keberatan penasehat hukum terdakwa dan menyatakan surat dakwaan JPU batal demi hukum, memerintahkan panitera mengembalikan berkas dakwaan dan mencoret nomor registrasi perkara,” tegas Bakri.
Majelis hakim juga memerintahkan JPU untuk mengeluarkan terdakwa dari rumah tahanan (Rutan) Masamba.
Menanggapi putusan majelis hakim ini, Ketua Tim JPU, Ivone D. Mundung mengaku keberatan dengan putusan majelis hakim tersebut dan langsung menyatakan perlawannya di hadapan majelis hakim. “Kami akan melakukan perlawanan terhadap putusan majelis hakim ini,” tegas Ivone dalam sidang kemarin.
Menurutnya, pihaknya akan segera menyampaikan keberatannya terhadap putusan itu ke Pengadilan Tinggi (PT) Sulsel. “Kami akan menyampaikan keberatan kami sesuai waktu yang diberikan kepada kami selama tujuh hari sejak putusan ini ditetapkan,” ujar Ivone.
Kuasa hukum terdakwa, Lukman S Wahid menyatakan putusan majelis hakim itu sudah diprediksi sebelumnya dan menilai hal itu termasuk keputusan langka dalam sebuah kasus korupsi. Dirinya menilai, ada skenario yang dibuat oleh JPU dengan menjadikan kliennya kambing hitam atas kasus korupsi APBD 2007-2008 itu.
“Kami menilai ada skenario seperti itu, yakni dengan menjadikan klien kami sebagai kambing hitam dengan menjadikannya satu-satunya terdakwa dalam kasus ini, namun skenario itu telah dikalahkan dengan putusan majelis hakim ini,” ujar Lukman.
Sebelumnya diketahui, Hamnir didakwa telah melakukan tindakan korupsi yang menyebabkan kerugian negara senilai Rp4,1 Miliar. Hamnir telah hampir satu bulan dititip di Rutan Masamba, Kabupaten Luwu Utara sebagai tahanan titipan kejaksaan.
Sementara itu, Kapolres Luwu Timur, AKBP Richard M. Nainggolan saat ini tengah melanjutkan penyidikan kasus dugaan korupsi APBD Luwu Timur 2007-2008. Lanjutan penyidikan itu dilakukan diduga karena adanya bukti baru yang mengarah kepada keterlibatan pihak lain. ''Saat ini kami tengah melanjutkan pengusutan atas kasus itu. Dan kemungkinan bakal adanya tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi APBD Luwu Timur ini,'' sebut Kapolres.
(cr3/rhm/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi