Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Selasa, 21 Sep 2010, view 1693 x
24 Ribu Ayam Terjangkit Virus AI
Flu Burung Landa Lutim
MALILI-- Wabah penyakit flu burung melanda Kabupaten Luwu Timur (Lutim). Sedikitnya 24 ribu ekor ayam positif terjangkit virus Avian Influenza (AI) yang tersebar di sembilan kecamatan. Untuk mengantisipasi agar penyebaran virus mematikan tersebut tidak meluas, pemerintah setempat melakukan pembakaran ayam yang terjangkit AI. Sejauh ini, belum ada korban jiwa.
Sembilan kecamatan yang terkena wabah flu burung masing-masing Kecamatan Wotu, Burau, Tomoni, Mangkutana, Tomoni Timur, Kalaena, Malili, Angkona, dan Wasuponda.
Sesuai data Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Lutim yang dipegang Komisi I DPRD Lutim, 24 ribu ayam yang tertular penyakit flu burung terdiri ayam petelur, ayam potong, dan ayam kampung.
''Setelah Bidang Peternakan Lutim melakukan pemeriksaan uji cepat (rapit tes) dan telah dikuatkan pula dengan hasil pemeriksaan Laboratorium Balai Besar Veteriner Maros, ayam tersebut dinyatakan positif terjangkit flu burung,'' Wakil Ketua Komisi I DPRD Lutim, Pdt Yeheskiel Naritoding dalam keterangan persnya di Kantor DPRD Palopo, Senin, 20 September kemarin.
Menurut dia, Komisi I telah melakukan peninjauan lapangan guna melihat secara langsung kondisi penularan flu burung selama dua hari pada 16-17 September lalu pada empat kecamatan yakni Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur dan Kalaena.
Pada kunjungan itu, dewan juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat berhati-hati dan tetap melaksanakan pencengahan agar virus ini tidak lebih meluas.
Yeheskiel juga mengatakan, cara penanganan dan pencegahan penyebaran virus flu burung di lapangan yang dilakukan Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Lutim sudah berjalan cukup baik. Karena koordinasi antara aparat yang terkait dengan warga sudah terjalin. Termasuk posko penanggulangan flu burung juga sudah didirikan di masing-masing kecamatan. Hanya saja, vaksin yang digunakan untuk penyemprotan kandang dan sebagainya masih perlu penambahan.
''Karena vaksin yang berasal dari Pemda Lutim sebanyak 100 liter dan bantuan dari Pemprov Sulsel yang juga 100 liter masih kurang, sehingga perlu penambahan,'' ungkap Yeheskiel.
(akm/ikh/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi