Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Selasa, 25 Jan 2011, view 470 x
Haidir Basir Jabat Kepala BKD
Walikota Mutasi 214 Pejabat
PALOPO --- Gerbong mutasi di lingkup Pemkot Palopo akhirnya bergerak, Senin 24 Januari 2011. Sekitar 214 pejabat di lingkup Pemkot Palopo yang terdiri dari eselon II, III, dan IV, kena mutasi. Ada yang bergeser posisi, ada juga pejabat yang gembira, karena namanya yang tidak masuk dalam daftar mutasi tanggal 5 Januari 2011, lalu, tiba-tiba dipromosikan 'naik pangkat'.
Yang memiriskan beberapa pejabat yang namanya disebutkan masuk dalam daftar mutasi tanggal 5 Januari 2011 lalu, bertepatan dengan adanya insiden itu, namun pada pelantikan yang berlangsung di ruang pola kemarin, nama mereka tidak masuk dalam kabinet Tentram (Tenriadeng-Rahmat Masri Bandaso). Mereka pun hanya bisa gigit jari.
Dari 214 pejabat yang dimutasi, pejabat eselon II yang dimutasi jumlahnya mencapai 13 orang, 28 eselon III, dan 173 eselon IV. Dari 13 nama pejabat eselon II itu, terdapat nama H Haidir Basir yang selama ini jauh dari bursa daftar mutasi. Mantan kepala dinas pariwisata Kabupaten Luwu itu menduduki jabatan barunya sebagai kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Kota Palopo. Ia menggantikan Syamsul Bachri yang mendapat kepercayaan sebagai asisten I Pemerintah Kota Palopo. Sedangkan posisi asisten II dipercayakan kepada Muchtar Basir, yang sebelumnya kepala dinas pemuda dan olahraga (kadispora), posisi kadispora diisi oleh Drs Syamsul.
Muhammad Yamin yang sebelumnya sekretaris dinas pendidikan dipromosikan menjabat sebagai kepala dinas pendidikan Kota Palopo menggantikan Drs Syamsul. Sedangkan yang mengisi posisi yang ditinggalkan Yamin adalah Rahman Gazali, salah seorang pejabat di dinas pariwisata dan kebudayaan.
Kejutan masih terjadi pada mutasi level eselon II. Nama Djafar Latuconsina yang santer didefenitifkan sebagai kepala dinas koperindag pada mutasi 5 Januari lalu, ternyata masih harus bersabar. Ia hanya diangkat sebagai sekretaris koperindag. Di luar perkiraan, Walikota Palopo HPA Tenriadjeng ternyata memilih Syamsul Rijal Syam yang sebelumnya kepala dinas tenaga kerja dan sosial sebagai kepala dinas koperindag. AS Kaddiraja pada mutasi kali ini 'turun gunung'. Ia yang selama ini menempati posisi sebagai
staf ahli Wali Kota Palopo bidang kemasyarakatan dan SDM, ia dipercaya oleh Walikota sebagai kepala dinas tenaga kerja dan sosial. Sedangkan Kepala Dinas Koperindag yang lama, Mashalim saat ini diperbantukan di sekretariat daerah karena sakit.
Selanjutnya, kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB Kota Palopo dipercayakan kepada Dra Hj Nurlina, S, Msi, menggantikan Darmo Junaid yang dimutasi ke inspektorat menggantikan Bachtiar Battori yang dimutasi sebagai staf ahli.
Pejabat eselon III lainnya yang mendapat promosi adalah Andi Poci. Ia yang sebelumnya kepala bagian pemerintahan dipromosikan sebagai kepala badan lingkungan hidup, kepala badan ketahanan pangan diisi oleh Ilyas Mallewa, menggantikan Arifuddin Sandre yang memasuki masa pensiun.
Selanjutnya, kepala dinas kelautan dan perikanan yang ditinggalkan Ilyas Mallewa dipercayakan kepada Fatahilla, SPi, MM, kepala dinas kebersihan, Drs Arsul Melleng, kabag pemerintahan yang ditinggalkan A Poci dijabat Sabulassalam, yang sebelumnya camat Wara.
Kepala Kesbang dan Linmas, Andi Nur Palullu yang pada pelantikan 5 Januari mengamuk, batal diganti.
Sekretaris Kota Palopo, HM Jaya, SH, M.Si, yang juga kepala Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) enggan berkomentar mengenai hal itu. Dia hanya mengatakan bahwa Nur Palullu akan diberikan sanksi disiplin. "Sementara diproses," ucapnya.
Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng, juga tidak menyinggung persoalan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa mutasi ini merupakan penyegaran. "Sebab ada banyak masalah yang akan dihadapi. Sebut saja seperti Pemilukada, e-KTP, hingga RT/RW," ujarnya.
Waliota Palopo dalam sambutannya memberi warning kepada para pejabat baru untuk memperbaiki kinerja. Jika tidak, kata wali kota, bisa dicopot lagi.
Menurut Walikota, mutasi ini dilakukan bukan karena desakan dari opini publik yang mewacana dan berkembang beberapa hari terakhir ini. Akan tetapi, lanjut Walikota, pelantikan ini dilakukan dengan segala penuh perhitungan yang matang serta seleksitifitas agar memacu dan mendorong karakter pengembangan para pejabat agar senantiasa bekerja sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.
''Pelantikan ini diharapkan supaya pertama adanya penyegaran, kedua, untuk mempersiapkan diri karena kedepannya akan menghadapi begitu banyak masalah yang begitu besar, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pilkada tahun 2013 sekarang ini sudah mulai dipersiapkan, e-ktp nasional yang harus segera disiapkan, RUTRW harus segera dilaksanakan karena jika tidak maka DAK bisa dikurangi," ujarnya.
Dari pantauan Palopo Pos terlihat beberapa pejabat yang bersedih hingga mengeluarkan air mata.
Menurut Kasubag Humas, Khatija, hal itu sudah biasa. ''Kan mutasi tidak kali ini saja digelar. Bisa saja dalam waktu dekat terjadi lagi pergeseran," ujarnya.(rp2/ary/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi