Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Sabtu, 10 Dec 2011, view 1059 x
Bupati/Walikota se Luwu Raya Siap Anggarkan di APBD
2012, Istana Luwu Direnovasi
PALOPO-- Istana Kedatuan Luwu yang dibangun pada masa penjajahan Belanda tahun 1920, sangat memprihatinkan kondisinya. Plafond sudah hampir runtuh, atapnya bocor, kalau hujan kebanjiran. Beberapa waktu lalu, beberapa lemb plafon-nya jatuh, hampir menimpa penjaga istana. Untuk menahan agar plafon tidak lepas, pihak istana memasang masampa' atau kain yang berfungsi sebagai plafon. Di bagian depan, rangka plafon ditopang dua batang bambu agar tidak runtuh.
Kondisi inilah yang memanggil kepala daerah se Luwu Raya untuk tudang sipulung (berkumpul) di Istana Kedatuan Luwu, Jumat, 9 Desember petang kemarin. Nampak hadir Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso (RMB), dan Wakil Bupati Lutim, Thorig Husler. Ketiga Ketua DPD II Partai Golkar di daerah masing-masing.
Satu-satunya Bupati yang tidak hadir, yakni Bupati Luwu Utara, Arifin Junaidi. Menurut Andi Muzakkar, ia sudah berkomunikasi lewat telepon dengan Bupati Lutra. Ia siap mengikuti kesepakatan yang dicapai pada pertemuan itu. Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng mendelegasikan kepada RMB mewakilinya.
Pada pertemuan yang dihadiri pula Wakil Datu Luwu yang juga abdi dalem Istana Kedatuan Luwu, yakni, Opu Tomarilaleng Andi Nyiwi Opu Dg Mallongi dan sejumlah pemuka adat Luwu, baik Andi Hatta, Andi Mudzakkar, maupun RMB mewakili Walikota, sepakat merenovasi Istana Kedatuan Luwu. Biayanya ditanggung bersama yang diambil dari APBD masing-masing.
Nominal biaya yang ditanggung masing-masing APBD kab/kota se Luwu Raya, masih akan dibicarakan lagi setelah tim teknis menghitung biaya renovasi dan revitalisasi Istana Kedatuan Luwu yang terletak persis kilometer nol alias jantung Kota Palopo.
Andi Hatta dalam jumpa pers usai pertemuan, menyatakan, ia akan memprioritaskan anggaran renovasi Istana Kedatuan Luwu untuk dimasukkan dalam APBD 2012 sebagai dana hibah. ''Karena saya berharap, renovasi tersebut sudah dilaksanakan pada tahun 2012,'' tegas Andi Hatta diamini Cakka dan RMB.
Soal jumlah anggaran yang diplot Bupati Lutim dalam APBD 2012, Andi Hatta mengatakan, seluruh biaya renovasi akan dihitung terlebih dahulu oleh tim teknis. Setelah diketahui total anggaran, baru dibicarakan kembali dengan Bupatu/Walikota se Luwu Raya.
''Misalnya total biayanya Rp100 juta. Maka kita bagi empat. Rp25 juta ditanggung APBD Lutim, Rp25 juta ditanggung Luwu, Rp25 juta Palopo, dan Rp25 juta Lutra. Ini contoh,'' ucap Andi Hatta.
dalam kunjungan kerja itu, Andi Hatta mengungkapkan kesedihannya melihat kondisi Istana kebanggaan masyarakat Luwu yang sangat memprihatinkan. Ia minta maaf karena selama kesibukannya ini, sampai jarang mampir ke istana. Karena itu pulalah, sehingga ia tidak tahu kalau kondisi istana sudah sangat memprihatinkan.
''Saya ditelepon dari Makassar. Anda bersama Bupati/Walikota di Luwu Raya, merupakan keturunan bangsawan. Kenapa tidak perhatikan itu istana yang merupakan kebanggaan sekaligus perekat masyarakat Tana Luwu. Makanya, saya telepon Bupati Luwu, Bupati Lutra, dan Walikota. Ayo kita bertemu di istana bicarakan hal ini,'' ucap Andi Hatta.
Bupati Luwu, HA Mudzakkar juga memberikan masukan. "Kita dapat melihat contoh di Jogjakarta dan di Tarumanegara yang hanya satu kabupaten. Namun berhasil menghidupkan kerjaan serta abdi dalem yang hidup didalamnya. Mungkin ada tanah kerajaan yang dapat disewakan ke investor, misalnya saja membangun hotel atau pabrik yang beberapa persen penghasilannya disetor ke pihak kerajaan," paparnya.
Tak mau kalah, Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso juga memberikan masukan agar dalam pembangunan renovasi ini hendaknya segera dibentuk tim yang anggotanya adalah dari kalangan Istana serta adanya kepala daerah yang ditunjuk sebagai ketua pengawas pembangunan.
Dana bantuan hibah dari empat kab/kota nantinya, ditransfer melalui rekening panitia Renovasi Istana Kedatuan Luwu. ''Jadi silakan orang istana bentuk panitia, tunjuk siapa ketua panitia, dan buka rekening resmi. Ini dimaksudkan, agar dana bantuan hibah dari empat kab/kota tidak jadi temuan BKP,'' usul RMB.
Usai pertemuan, RMB yang ditemui Palopo Pos mengatakan, setiap tahun Pemkot Palopo membantu biaya operasional ataupun biaya pemeliharaan Istana Kedatuan Luwu. Rangka plafon bagian belakang yang patah sehingga ditopang pakai bambu, sudah diperbaiki melalui bantuan APBD Palopo. Setiap tahun, Pemkot juga membantu biaya untuk honor petugas kebersihan dan pemeliharaan istana. ''Memang nilai tidak besar. Tapi adalah perhatian pemerintah,'' katanya.
Sementara itu,
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga KKL-Raya, Nasrum N Hamzah kepada Palopo Pos mengatakan, pertemuan kepala daerah se Tana Luwu, petang kemarin, merupakan simbol bahwa kedatuan Luwu masih hidup, dan harus hidup seribu tahun lagi.
Istana ini merupakan warisan sejarah yang memiliki arti penting dalam merekatkan wija to Luwu yang terpisah secara administrasi. Walau Palopo, Luwu, Lutra, dan Lutim berdiri sendiri secara administrasi pemerintahan, namun mereka tetap satu rumpun keluarga. Ini juga menjadi motivasi bagi generasi muda agar tetap memelihara nilai-nilai budaya dan kebersamaan wija to Luwu di masa akan datang. (rp1/ikh/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi