Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

DARI REDAKSI
Selasa, 06 Mar 2012, view 2463 x
Diskusi dan Kajian Tentang Perda Miras Kota Palopo (2)
Perda No.32 Tahun 2004 Bertentangan Perpres dan Permendag
EMPAT narasumber pada ''Diskusi dan Kajian Tentang Perda Miras'', sepakat menyatakan Perda No.32 tahun 2004 tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol dan Pengawasannya bertentangan peraturan perundang-undangan yang lEMPAT narasumber itu, yakni, Harla Ratda, SH, MH (dekan Fakultas Hukum Unanda), Nuryadin, SH, MH, MSi (kepala KPT), Marten L Paelongan (anggota Pansus Revisi Perda Miras), dan Drs Sunandar Latief (prolegda).
Harla, misalnya, menyebut Perda No.32 tahun 2004 jelas bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Misalnya, Peraturan Presiden (Perpres) No.3 tahun 1997 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) RI No 43/M-DAG/PER/9/2009 tentang Pengadaan, Pengedaran, Penjualan, Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. ''Ada ketentuan dalam beberapa pasal Perda Miras Palopo yang dinilai bertentangan dengan peraturan yang secara hirarki bertentangan aturan yang lebih tinggi di atasnya,'' ujar Harla.
Mestinya, kata Harla, saat penyusunan rancangan sebuah peraturan daerah tidak menabrak aturan yang lebih tinggi di atasnya, yakni undang-undang. ''Seperti inilah Perda No.32 Tahun 2004 tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol dan Pengawasannya,'' katanya.
Harla juga sedikit menelisik naskah akademik penyusunan Perda Miras yang ada kata Pelarangan pada judul perda. Mestinya, kata dia, menggunakan kata pengendalian dan pengawasan peredaran miras.
Hal senada juga dikemukakan Sunandar Latief, narasumber lainnya. Ia yang dari Prolegda mengakui saat penyusunan Perda Miras mengandung banyak kelemahan-kelemahan. Kelemahan-kelemahan itu seperti yang telah dikemukakan pembicara sebelumnya. ''Dimana terdapat sejumlah pasal yang bertentangan dengan aturan yang di atasnya, baik itu peraturan presiden, peraturan menteri perdagangan,'' terangnya.
Itu terjadi, kata Sunandar, karena saat regulasi ini dibuat, miras waktu itu sangat luar biasa dampak sosial yang ditimbulkan. Sehingga, dibuatlah sebuah regulasi yang melarang tegas miras. Ini terkesan dibuat 'emosional' oleh stakeholder kala itu.
Marten L Paelonga, anggota Pansus Revisi Perda Miras, menyebutkan, Perda Miras yang mau direvisi sudah sedikit kemajuan. Judul pada Perda yang terdapat kata melarang telah diganti. Begitu juga beberapa pasal kita sepakati ubah. Khususnya pasal yang mengatur soal zona 2000 meter. Kalau itu dijadikan patokan, maka tidak ada THM yang bisa dibangun,'' katanya, seraya menyebutkan, kendati lambat, namun pihaknya berupaya mengejar Maret revisi Perda Miras sudah rampung.
Hal senada juga diungkapkan Nuryadin, kepala KPT Palopo. Ia menyebutkan, Perda Miras Palopo terkesan Perda 'mandul'. Karena, ada beberapa pasal, kata Nuryadin, yang memang menabrak aturan yang lebih tinggi. Misalnya, pada jarak 2000 meter. ''Sudah saatnya memang Perda Miras ini dilakukan revisi, supaya pengaturan miras lebih tertib lagi,'' tandas kepala KPT.(ary)


  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi