Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Kamis, 24 May 2012, view 262 x
Serapan Tenaga Kerja Sangat Kurang
PALOPO---Jumlah pengangguran di Kota Palopo yang mencapai 3.710 orang tidak sebanding dengan peluang kerja di Kota Palopo. Sehingga, serapan tenaga kerja sangat jauh dari harapan untuk mengurangi pengangguran yang ada.Sesuai data dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Palopo, dua bulan terakhir, April hingga Mei hanya dua perusahaan yang membuka lowongan kerja dari 35 perusahaan yang ditemui. Kedua jenis perusahaan itu yakni swalayan dan lising.

Dari dua perusahaan itu, jumlah tenaga kerja yang bisa diserap hanya 47 karyawan. Dibutuhkan 30 perempuan dan 17 laki-laki.

Kepala Dinsosnakertrans, AS Kaddiradja kalau itu merupakan upaya pendataan peluang kerja di setiap perusahaan merupakan hal yang rutin dilakukan. Tujuannya agar pengangguran di Kota Palopo bisa berkurang.

"Kita data, dan hasil yang kita dapatkan akan dipajang di Sosnakertrans agar supaya pencaker bisa mengetahui informasi tersebut," ungkap As Kaddiradja melalui, Bagian Ketenaga Kerjaan, Bakir kepada Palopo Pos, Rabu 23 Mei siang kemarin.

Perusahaan-perusahaan yang dijalin komunikasi sekaitan dengan peluang kerja bagi pengangguran itu masing-masing distributor mobil atau dealer mobil, distributor motor atau dealer motor, swalayan, lising atau perusahaan pembiyaan, serta perusahaan lainnya.

Jika disandingkan dengan data pengangguran serta data peluang kerja seusai temuan Dinsosnakertrans, pengangguran hanya akan berkurang 1,3 persen saja pada Mei nanti. Itu dengan melihat peluang yang ada.

Sementara itu, data dari Dinas Koperindag sekaitan dengan serapan tenaga kerja perusahaan yang diklasifikasi menjadi tiga bagian hanya mampu menyerap 12.029 orang. Data tersebut merupakan data 2010.

Rincian penyerapan tenaga kerja yang ada yakni perusahaan kecil dengan 2.800 usaha mampu menyerap 10.136 tenaga kerja, perusahaan menengah sebanyak 192 usaha dengan besaran serapan tenaga kerja sebanyak 1.363 orang dan perusahaan besar 61 usaha dengan serapan tenaga kerja sebanyak 530 orang tenaga kerja.

Saat ditanya mengenai besaran serapan tenaga kerja untuk Alfa Mart dan Pasar Besar nantinya? Nurpati SE selaku Kabid Perdagangan Koperindag Kota Palopo belum bisa memprediksi hal hal tersebut. "Kita belum bisa mengetahui berapa tenaga kerja yang dibutuhkan, kami juga belum dapat laporan operasionalnya, kan belum berjalan," ungkap Nurpati. (cr2/sms/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi