Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

MAKALE & RANTEPAO
Rabu, 06 Jun 2012, view 392 x
Sejarah Pembentukan Torut Dibukukan
RANTEPAO---Sejumlah inisiator dan pelaku sejarah dalam proses perjuangan pemekaran sampai berdirinya sebuah kabupaten yang dinamakan Kabupaten Toraja Utara, kini sedang menrencanakan akan menerbiitkan sebuah buku. Buku itu menggambarkan tentang tahapan atau proses perjuangan sehingga Toraja Utara menjadi sebuah kabupaten.

Pertemuan dalam pembahasan rencana penerbitan buku sejarah perjuangan pemekaran Toraja Utara ini, digelar dalam seminar sehari yang bertajuk ‘Bedah Buku Rekam Jejak Pembentukan Kabupaten Toraja Utara’ yang digelar di Hiltra Hotel Rantepao, baru-baru ini, Dengan diketuai Pdt GG Raru MSi, Wakil Ketua, Pdt Luther Tamba STh, Sekretaris, Drs Habel Pongsibidang MM dan anggotanya, Pdt Welem Layuk Allo MSi, Elianus Samben SE MM dan Masuli M Mallua SH.

Dalam pembahasan tersebut, semuanya sepakat untuk menerbitkan tentang Buku Sejarah Perjuangan Pemekaran Toraja Utara, namun draft yang dibahas saat itu, masih banyak kekurangan dan perlu dilengkapi. Sehingga tidak menimbulkan persoalan baru dikemudian hari di antara para pejuang pemekaran.

Dalam sambutan Bupati Toraja Utara, yang diwakilli Wakil Bupati, Frederik Buntang Rombelayuk, menekankan agar buku sejarah pemekaran benar-benar dilakukan dengan pengkajian yang matang sehingga isi daripada buku sejarah itu dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan tidak menimbulkan perbedaan persepsi.

“Dalam rencana untuk menerbitkan buku sejarah tentang pembentukan Kabupaten Toraja Utara , saya harapkan agar dilibatkan berbagai komponen masyarakat, sehingga output dari buku sejarah itu materinya lebih matang dan dapat dipertanggungjawabkan,” harap Frederik Buntang Rombelayuk.

Anthonius Sampetoding SE MH yang juga salah satu inisiator dalam perjuangan pemekaran Kabupaten Toraja Utara ini, banyak menyoroti dan memberikan masukan tentang isi daripada draft buku sejarah yang sedang dibahas secara bersama-sama saat itu. Salah satunya adalah adanya kalimat yang berbunyi mendapat persetujan dari DPRD.

Anthonius minta agar kalimat tersebut perlu ada keterangan bahwa siapa-siapa yang membawa ke DPRD saat itu dan siapa-siapa anggota DPRD yang menerima saat itu. Termasuk surat-surat keputusan, yang melakukan sosialisasi, para penyumbang, para formatur, juga pada orang-orang yang diberikan ucapan khusus agar ditulis nama-namanya semua, dan tentang SK-SK juga harus dilampirkan semua. “Ini sejarah dan akan dibaca oleh generasi kebawah, jadi materi sejarahnya dalam buku sejarah itu benar-benar obyektif dan sejelas-jelasnya,” pinta Anthonius yang juga Camat Rantepao ini. (cr6/sms/d)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi