Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

LIPUTAN MALAM
Rabu, 06 Jun 2012, view 530 x
PSB Segera Dibuka
PALOPO-- Kabar gembira bagi siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat SMA. Mulai 18 Juni 2012 mendatang, SMA Negeri 1 Palopo, akan membuka pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2012-2013.
Rencana pembukaan pendaftaran PSB itu, disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMANSA Palopo, Drs Muh Jaya MSi, melalui wakasek bidang kesiswaan, Drs Abdul Rahmat M.MPd, Selasa (5/6) kemarin, mengungkapkan SMANSA akan menerima 192 siswa baru jalur reguler.
"Untuk jalur reguler, kuota siswa baru yang akan diterima sebanyak 192 siswa," terangnya.
Terkait agenda pelaksanaan PSB, pengambilan formulir berlangsung, 18 hingga 23 Juni. Begitupun dengan pengembalian formulir, dimulai 18 sampai 23 Juni. Sementara, untuk pengelolaan nilai, dari 25 hingga 30 Juni.
Sementara, pengumuman kelulusan siswa baru berikut bersama dengan pendaftaran ulangnya dilaksanakan tiga tahap.
Pengumuman kelulusan tahap pertama 2 Juli, tahap kedua, 5 Juli, dan tahap ketiga, 7 Juli. Pendaftaran ulang tahap pertama, 3-4 Juli, tahap kedua, 5-6 Juli, dan tahap ketiga, 7 Juli.
"Sistem PSB tahun ini sedikit berbeda dengan proses pelaksanaan PSB di 2011 lalu. Untuk tahun ini, pengumuman kelulusan dilakukan tiga tahap. Jika pada pengumuman tahap pertama, ada yang tidak mendaftar ulang, maka dinytakan gugur dan panitia akan mengumumkan nama pengganti calon siswa yang gugur itu. Tetapi, apabila dalam pengumuman tahap pertama seluruh siswa yang dinyatakan lulus ikut mendaftar ulang, maka pengumuman ulang tahap kedua dan ketiga serta pendaftaran ulang tahap kedua dan ketiga ditiadakan karena kuota siswa baru dianggap sudah cukup," imbuh Rahmat.
Permulaan tahun ajaran baru secara resmi dimulai di SMANSA, 9 Juli mendatang, sedang pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS), 9-11 Juli 2012.
Variabel penilaian seleksi peserta didik baru di SMANSA, lanjut Rahmat, jalur akademik berdasarkan akumulasi seleksi nilai akhir mata pelajaran yang diujikan secara nasional. "Penentuan kelulusan siswa baru untuk jalur akademik, merujuk nilai Ujian Nasional (UN)," papar Rahmat.
Variabel untuk jalur non-akademik, terdiri atas bidang olahraga dan bidang seni.
Bidang olahraga yang diseleksi, meliputi karate, silat, atletik (lari dan lompat), bulutangkis, tennis meja, sepak bola, bola basket, dan bola volly. Adapun bidang seni yang diseleksi, yakni nyanyi solo, tari, dan seni baca Al-Quran.
Syarat bidang non-akademik, tutur Rahmat, juara satu dan dua tingkat kabupaten/kota, juara satu, dua, dan tiga tingkat provinsi, pernah mengikuti even nasional, melampirkan foto coppy piagam atau surat keterangan dari pelatih olahraga dan seni yang menanganinya.
Siswa juga diwajibkan untuk mengisi surat pernyataan siap bertanding apabila sekolah memerlukan, mengikuti tes kompetensi cabang olahraga dan seni sesuai bidangnya, untuk bidang olahraga berbentuk tim akan direkrut 20% dari jumlah pemain dalam satu tim setelah memenuhi syarat.
Contohnya, sepak bola 20% X 22 orang yang diterima empat orang, bola basket 20% X 10 orang yang diterima dua orang, bola volly 20% X 12 orang, yang diterima dua orang.
"Pengumuman hasil PSB dilakukan secara tertulis kepala sekolah sebanyak tiga tahap dan pengumuman hasil seleksi memuat data informasi calon peserta didik baru, terdiri atas nama, nomor calon siswa, serta nilai secara terurut," pungkas Rahmat. (abk)

JADWAL PSB 2012
===============
Pengambilan Formulir : 18-23 Juni
Pengembalian Formulir : 18-23 Juni
Pengelolaan Nilai : 25-30 Juni
Pengumuman Kelulusan : 02-07 Juli Pendaftaran Ulang : 03-07 Juli
Pelaksanaan MOS : 09-11 Juli

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi