Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Jumat, 22 Jun 2012, view 350 x
Dibayar Awal Juli
PNS se Luwu Raya Dapat Gaji 13 Rp47 M
PALOPO--- Ini berita gembira bagi para pegawai negeri sipil yang ada di Luwu Raya, seperti Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Juli ini, mereka akan menerima gaji 13. Jumlah yang disediakan pemerintah daerah sebesar Rp47,3 miliar.
Anggaran sebesar itu, dialokasikan oleh pemerintah daerah untuk 15.042 PNS, masing-masing Pemkot Palopo Rp17,016 miliar, Luwu Utara Rp16,2 miliar, dan Luwu Timur sebesar Rp14,14 miliar.
Khusus untuk Kota Palopo, rencananya akan dibayarkan Juli mendatang.
''Yah, kita usahakan bayar 5 Juli mendatang,'' kata Kepala Bidang Keuangan DPPKAD Kota Palopo, Andi Muzakkir S.IP, yang dihubungi Kamis, 21 Juni kemarin.
Menurutnya, untuk sementara yang dilakukan adalah perampungan data untuk pembayaran di setiap SKPD.
''Juknis dari pusat baru ada pada minggu ke tiga bulan ini, maka pembayarannya akan kita lakukan bulan depan tepatnya 5 Juli,'' jelasnya lagi.
Jumlah PNS Kota Palopo katanya mencapai 5.305 orang. Pihaknya mempersiapkan anggaran sebesar Rp 17.016.331.029 (setelah dikurangi tunjangan beras).

Untuk Luwu Utara, pembayaran gaji ke-13 juga akan dilakukan Juli mendatang. Hanya saja, belum ditentukan tanggal pastinya.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Luwu Utara Kusmin Hamseng ketika dikonfirmasi terkait gaji 13, Kamis, 21 Juni kemarin, mengatakan Pemkab Lutra belum mendapatkan surat perintah pembayaran Dari Dirjen Keuangan RI.
''Yang jelas Pemda siap membayar gaji 13 PNS jika sudah ada surat perintah dari pemerintah pusat. Kami tidak ingin melakukan sesuatu tanpa dasar,'' katanya.

Pemkab katanya, telah mengalokasikan gaji 13 di APBD kurang lebih Rp16,2 miliar untuk membayar gaji 13 kurang lebih 5.643 PNS.
Pemkab Lutim juga sudah berjanji akan membayar gaji 13 kepada 4.094 PNS yang ada di Lutim.
Pemkab sendiri telah menyiapkan anggaran yang di APBD 2012 sebesar Rp14.140.000.000 untuk gaji 13.
''Kami tinggal menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari direktur jenderal (Dirjen) perbendaharaan pusat. Kalau sudah ada, kita langsung bayar,'' kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Lutim, Aini Endis Anrika, S,STP.
Ia mengatakan, walaupun aturannya sudah ada yakni berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 57 tahun 2012 tentang pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan 13, tapi petunjuk teknis (Juknis) dari dirjen perbendaharaan sampai saat ini belum ada.
''Makanya pemberian gaji 13 belum dilaksanakan. Kalau dananya tidak masalah lagi, sudah ada disiapkan dfi APBD Lutim sebesar Rp14 miliar lebih,'' katanya.
Ditambahkan, pemberian gaji 13 untuk 4.094 PNS dalam lingkup Pemkab Lutim diupayakan bisa direalisasikan Juli inmi.
''Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak dirjen perbendaharaan terkait juknisnya. Kalau juknisnya sudah ada maka kami akan lansung merealisasikan tunjangan gaji 13 itu,'' bebernya.

Seperti diketahui, pembayaran gaji ke-13 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah, gubernur dan wakil gubernur, serta bupati/walikota dan wakilnya, tergantung kesiapan masing-masing daerah. Pasalnya, uang yang dibayarkan menjadi beban APBD masing-masing daerah.
Tercatat, sejumlah daerah sudah siap membayarkan gaji-13 dimaksud, setelah keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 89/PMK.05/2012 tanggal 11 Juni 2012 yang merupakan petunjuk teknis pembayaran "bonus" bagi pegawai negeri itu.
Sementara soal pembayaran gaji para pensiunan. Sesuai PMK 89, dana pensiunan ke-13 menjadi beban APBN.
Dalam keterangan resminya kemarin, PT Taspen (Persero) memastikan akan membayarkan dana pensiunan ke-13 PNS dan TNI/ Polri di seluruh Indonesia mulai 2 Juli sampai dengan 20 Juli 2012 mendatang. Pembayaran akan dilakukan melalui kantor PT Taspen.
"Pembayaran bagi pensiun/tunjangan ketiga belas ini secara serentak pada kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia mulai 2 Juli-20 Juli 2012," ujar Sekretaris Perusahaan PT Taspen, Wiharto di Jakarta, Rabu (20/6).
Dijelaskan, pembayaran pensiun bulan ketiga belas dalam tahun anggaran 2012 didasarkan pada Dapem Induk, Dapem Susulan dan Non Dapem bulan Juni 2012. Dimana, perhitungan berdasarkan pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan dan pembulatan apabila ada dan tanpa tunjangan beras.
"Perhitungan pembayaran pensiun bulan ketiga belas ini tidak termasuk dana kehormatan veteran, dan tunjangan khusus Provinsi Papua sebesar Rp.100.000," paparnya.
Wiharto mengatakan, untuk penerima pensiun yang menerima melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP) tapi belum menyampaikan NPWP, maka dikenakan tarif PPH lebih tinggi 20 persen.
Disampaikan Wiharto, PNS aktif yang menerima gaji sampai Mei 2012 dan akan pensiun Juni 2012, tetap akan dapat pensiun ke-13 ini. Sedangkan PNS yang akan pensiun 1 Juli tidak berhak mendapatkan gaji pensiun ke-13.
(cr3/jun/tan/jpnn/uce)


================

Gaji 13 di Luwu Raya

Palopo:

* Dibayarkan: 5 Juli 2012
* Jumlah PNS 5.305 orang
* Anggaran Rp17.016.331.029


Luwu Utara:
* Dibayarkan: Juli 2012
* Jumlah PNS 5.643 orang
* Anggaran Rp16,2 miliar

Luwu Timur:
* Dibayarkan Juli 2012
* Jumlah PNS 4.094 orang
* Anggaran Rp14,140.000.000

Luwu:


Pembayaran Bagi Pensiun

* Dibayar mulai 2 Juli-20 Juli
* Pembayaran akan dilakukan melalui kantor PT Taspen

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi