Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Jumat, 22 Jun 2012, view 529 x
Fokker Jatuh, Tiga Warga Luwu Tewas
JAKARTA--- Kabar duka menyelimuti Tana Luwu. Jatuhnya pesawat milik TNI AU, jenis Fokker 27, di kompleks Perumahan Rajawali milik Angkatan Udara, Kamis, 21 Juni, sekira pukul 14.15 WIB, kemarin, menewaskan tiga warga asal Ketiganya adalah keluarga dari Mayor TNI AU Yohanis Tandi Sosang (42), yakni Dian (4 tahun) anak dari Mayor
Yohanis, Neflin (2 tahun) ponakan, dan Martina Ro'ren (70) orang tua dari Mayor Yohanes. Mayor Yohanes sendiri, tidak ikut dalam penerbangan itu.
Dian akan dimakamkan di Jakarta, sementara Martina Ro'ren dan Neflin akan dimakamkan di Makassar.
Salah seorang keluarga korban, Jhody Pama'tan kepada Palopo Pos, Kamis, 21 Juni kemarin, mengungkapkan bahwa dari keterangan pers Kepala Dinas Penerangan TNI, Laksda Iskandar Sitompul, menyebutkan yang turut menjadi korban adalah pembantu Mayor Yohanis, tetapi melainkan orang tua dari Mayor Yohanis.
''Saya akan berangkat ke Jakarta malam ini (tadi malam,red) untuk mengunjungi keluarga saya Mayor Yohanis yang sedang berduka," ucapnya via telepone, Kamis, 21 Juni kemarin.
Mayor Yohanis sendiri merupakan putra daerah Luwu kelahiran Kecamatan Bastem. Beliau sendiri sudah 15 tahun tugas di Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta yang juga alumni dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Sedangkan ibunda Mayor Yohanis, Martina Ro'ren (70) kelahiran Toraja Utara.
Sebelumnya Kepala Dinas Penerangan TNI, Laksda Iskandar Sitompul dalam keterangan persnya mengatakan dalam kecelakaan pesawat jenis Fokker 27 tersebut sebanyak 8 rumah tertimpa dan terbakar dengan jumlah korban meninggal sebanyak 10 orang.
Pilot dari pesawat tersebut, adalah Mayor Penerbang Hery Setyawanto dan beberapa penumpang lainnya. Pesawat lepas landas dari Halim Perdana Kusuma pada pukul 13.10 WIB. Tujuan dari penerbangan itu adalah melakukan latihan rutin untuk mengitari bandara Halim Perdanakusuma.
Selain tiga korban itu, juga tercatat enam orang dipastikan tewas akibat jatuhnya pesawat Fokker 27 milik TNI AU di sekitar Lanud Halim, Jakarta Timur.
Keenam korban adalah kru pesawat yang take off pukul 13.15 untuk melakukan latihan rutin.
''Semua korban kru pesawat, tujuh orang. Enam meninggal, satu masih hidup,'' kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama TNI Azman Yunus, Kamis, 21 Juni kemarin.
Ditambahkan, korban selamat atas nama Lettu Penerbang Paulus yang tak lain adalah kopilot pesawat. Dia kini menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr Esnawan Antariksa, Halim Perdanakusumah.
Adapun kru yang meninggal adalah: Mayor Penerbangan Hery Setyawan (instruktur), Letda Penerbangan Syahroni, Kapten Teknik Agus, Serma Simulato, Serka Wahyudi,
Sertu Purwo. Semua korban tewas sudah dievakuasi dari reruntuhan pesawat ke RSAU dr. Esnawan Antariksa, Halim, Jakarta Timur.
Menurutnya, pesawat buatan Belanda itu jatuh menimpa 8 rumah warga komplek Rajawali, Halim PK.
Lebih lanjut Azman mengatakan, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga sekitar untuk tidak memadati lokasi kejadian demi kelancaran proses evakuasi. ''Ini menyangkut keamanan dari para warga itu sendiri dan juga petugas yang melakukan evakuasi,'' tukasnya.
Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, Tubagus Hasanudin menegaskan, pesawat Fokker 27 milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) yang jatuh di komplek perumahan Rajawali, kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/6), masih laik terbang.
Menurutnya, TNI AU memiliki enam unit pesawat buatan Belanda itu.
''Sebenarnya sudah termasuk tua karena itu dibuat tahun 1975, karena Indonesia sudah memesan penggantinya namun barangnya belum datang," kata Hasanudin, kepada wartawan, Kamis, 21 Juni kemarin.
Lantas apakah buatan tahun 1975 pesawat itu sudah tidak laik terbang? "Layak terbang karena dilakukan perawatan," kata politisi PDI Perjuangan itu.
Mantan Sekretaris Militer Kepresidenan itu menjelaskan Fokker 27 yang jatuh itu bukan pesawat latih TNI AU. "Tapi, pesawat transport yang dimiliki oleh TNI AU," kata Hasanudin.
Seperti diketahui, pesawat Foker 27 jatuh di daerah perumahan Kompleks Rajawali, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur, Kamis (21/6) sekitar pukul 14.30. Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat tersebut.
Seorang warga, Cathy Ahadianty, yang kebetulan berada di sekitar kawasan pangkalan udara Halim Perdanakusuma, mengaku mendengar suara pesawat yang jatuh di sekitar Jalan Branjangan, Kelurahan Halim, Jakarta Timur.
"Tadi sekitar pukul 14.45 WIB saya mendengar suara 'bluk', lalu saya lihat ke luar jendela ada kepulan asap hitam tebal. Saya dengar dari teman saya itu pesawat jatuh," kata Cathy.
Cathy sedang berada di gedung Klub Persada Halim, Jalan Raya Halim Perdana Kusuma, saat kejadian. Dan sampai berita ini diturunkan, dia masih melihat sekitar 10 mobil pemadam kebakaran lalu lalang di depannya, serta banyak ambulans TNI AU.
"Suara ledakan terdengar sampai dalam ruangan saya meeting. Sebelumnya, teman saya yang di jalan lihat ada pesawat oleng seperti salah posisi karena angin, dan langsung crash," ucap Cathy yang bekerja di perusahaan bidang aviasi itu. (idr/jpnn/rm/uce)

FOKKER MEMBAWA DUKA...

* Pesawat lepas landas dari Halim Perdana Kusuma pada pukul 13.10 WIB.

* Tujuan penerbangan melakukan latihan rutin untuk mengitari bandara Halim Perdanakusuma.

* Pesawat Jenis Fokker 27 Milik TNI AU
* Jatuh di komplek perumahan Rajawali, kawasan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur

* Korban:
Keluarga Mayor TNI AU Yohanis Tandi Sosang (42)
-Dian (4 tahun) anak dari Mayor
Yohanis
- Neflin (2 tahun) ponakan
- Martina Ro'ren (70) orang tua Mayor Yohanes.
- Mayor Penerbang Hery Setyawanto
- Mayor Penerbangan Hery Setyawan (instruktur)
- Letda Penerbangan Syahroni
- Kapten Teknik Agus
- Serma Simulato
- Serka Wahyudi
- Sertu Purwo.
- Korban selamat, Lettu Penerbang Paulus (kopilot pesawat)
* Delapan Rumah Tertimpa dan Terbakar
* Pesawat buatan Belanda 1975

sumber: diolah dari berita

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi