Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

MASAMBA
Rabu, 27 Jun 2012, view 669 x
Mengunjungi Kota Metropolitan Batam (3)
Tempat Penelitian Benih Sawit Unggul
Pulau Batam tidak saja terkenal dengan industri dan dunia gemerlapnya. Batam merupakan tempat rujukan benih unggul kelapa sawit. Luwu Utara salah satu daerah yang tertarik dengan bibit yang dikembangkan PT Bina Tani Nusantara.

Laporan- Mahmuddin

Selama ini sumber benih sawit unggul yang dikenal berasal dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), PT Lonsum, PT Sucfindo, tapi ternyata ada sembilan perusahaan sumber benih unggul, seperti, PT Dami Mas, PT Tunggal Yunus, PT Sarana Inti Prataka, PT Bina Sawit Makmur, dan PT Tania Selatan. Di Pulau Batam juga ada perusahaan yang memproduksi benih unggul yakni PT Bina Tani Nusantara.
PT Bina Tani Nusantara yang memiliki pabrik di kawasan industri Batam Center yang memproduksi bibit unggul jenis Tenera (TN1). TN1 merupakan hasil persilangan antara Sawit Dura dengan Pisifer yang diseleksi dengan metode Modified Recurrent Selection (MRC) selama tiga generasi berturut-turut oleh Socfin Malaysia dengan Bakti Tani Nusantara.
Varietas ini sangat cocok dengan lahan kelas III dan saat panen empat pertama varietas ini bisa menghasilkan 63 ton TBS/ha. Keunggulan lain kecepatan meninggi pohon sawit juga lambat, secara ekonomi tentu saja menguntungkan karena biaya panen menjadi lebih murah, usia produktitifas sawit juga lebih lama, mutu minyaknya juga tidak diragukan, tentunya dilihat dari komposisi minyak jenuh dan tidak jenuh.
Luwu Utara salah satu dari ratusan pemesan bibit sawit di PT Bakti Tani Nusantara. Itulah sebabnya, Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Hutbun) Luwu Utara, melakukan kunjungan kerja dalam rangka study banding di perusahaan tersebut, melihat langsung prosesi produksi benih sawit Varietas TN1.
Kadis Hutbun Luwu Utara, H Abd Mahfud yang memimpin rombongan menyebut benih TN1 sangat cocok dikembangkan di Luwu Utara.
"Bibit ini cocok dikembangkan dengan struktur tanah daerah kita, makanya tahun 2012 ini, kita sudah pesan sebanyak 185 ribu bibit atau kecambah nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang berkelompok," kata Abdul Mahfud.
Ia mengatakan, bibit sawit tersebut nantinya dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang mempunyai lahan. Ini dilakukan sekaligus mengantisipasi anino masyarakat yang tinggi menanam sawit, sementara mereka menanam bibit yang tidak jelas asal usulnya atau palsu.
"Kita akan potong mata rantai penanaman bibit ilegal. Kasihan kalau sudah waktunya berbuah tapi tidak berbuah, kalaupun berbuah randemennya rendah pada akhirnya pabrik tidak menerima," tandas Mahfud.(selesai)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi