Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

MASAMBA
Selasa, 03 Jul 2012, view 117 x
Pemda-DPRD Didesak Buat Perda
Miras Picu Kriminal di Lutra
MASAMBA -- Salah satu pemicu tingginya volume kriminalitas di Luwu Utara (Lutra) keberadaan minuman keras (miras) yang di jual bebas. Tokoh pemuda pun mendesak supaya Pemda dan DPRD untuk membuat segera peraturan daerah ("Benar, 80 persen diakibatkan karena miras yang banyak beredar seperti minuman produksi lokal (ballo.Red) dan miras yang dikemas dalam botol, seperti wisky dan anggur koleson," ungkap Tokoh Pemuda Luwu Utara Bimas, Syarifuddin, kepada harian ini, Senin 2 Juli kemarin.
Selain memicu tindak kriminal, miras juga dapat membawa keresahan masyarakat, seperti kasus pembunuhan dan perkelahian antarwarga yang terjad beberapa bulan terakhir. "Kebanyak dari mereka berbuat brutal setelah meneguk miras. Ini berbahaya jika Pemkab tidak segera membuat Perda mengenai miras. Setidaknya adanya Perda peredaran miras dapat ditekan sedini mungkin," kata Syarifuddin.
Lebih lanjut, Syarifuddin mengatakan, kriminalitas terjadi, baik itu dilakukan perseorangan maupun kelompok, mayoritas diakibatkan faktor miras, karena itu agar ini dapat diatasi, maka perlu sebuah payung hukum melalui perda. "Sekali lagi kami mendesak kepada pemerintah daerah dan legislatif segera membuat Perda miras dan sejenisnya," tandasnya.
Hal senada dikatakan Ketua KNPI Luwu Utara, Hakim Bukara. Menurutnya, bahwa KNPI secara kelembagaan juga mendesak eksekutif dan pemkab membuat perda mengenai minuman beralkohol. "Kita melihat kondisi pemuda saat ini, telah banyak yang terjerumus dengan minum minuman keras, sehingga terjadi tawuran, ini juga karena faktor aktualisasi mereka yang tidak ada sehingga membuat mereka lari ke miras. Untuk itu KNPI mendesak agar Perda miras segera dibuat," katanya.
Diakui atau tidak, lanjut Hakim Bukara, sebagian besar kasus tindak pidana disebabkan karena pelaku mengkonsumsi miras. "Sejumlah tindak pidana seperti penganiayaan, pengeroyokan, pembunuhan dan tawuran antarwarga bermula dari miras," ungkapnya.
Melihat kondisi ini, kata dia, maka perlu dipikirkan oleh pemerintah dan DPRD adanya Perda yang mengatur pembatasan produksi dan peredaran minuman keras, agar sitidaknya dapat meminimalisir terjadinya kasus-kasus tindak pidana akibat minuman keras. "Saya pikir perlu ada pembatasan produksi maupun peredaran oleh pemerintah daerah melalui Perda, agar meminimalisir terjadinya kasus-kasus tindak pidana di Luwu Utara ini," tandasnya. (jun/him/t)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi