Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Rabu, 01 Aug 2012, view 295 x
Dari Diskusi ''Mengkualitaskan Pemilukada 2013
Jadikan Pemilukada Palopo Percontohan
PALOPO --- Komisi Transparansi Publik (KTP) bekerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar diskusi yang mengusung tema ''Mengkualitaskan Pemilukada 2013 Kota Palopo'', Selasa 31 Juli 2012, di Warkop Phoenam, malam tadi. Diskusi yang dihadiri tim dan pendukung sejumlah bakal calon (balon) walikota menampilkan empat pembicara, masing-masing, Kepala Kesbang Palopo, Andi Nur Palullu, , Ketua KPU, Maksum Runi, S.Ag, MH, Dekan Fakultas Hukum Unanda, Harla Ratda, SH, MH, Ketua Panwas, Subuhan, SPd, MPd, dan anggota KPU Luwu, Syamsul SE, M.Si. Mereka silih berganti memberikan pendapat dan pandangan-pandangan bagaimana mengkualitaskan pemilukada 2013 di Kota Palopo.
Andi Nur Palullu, misalnya, ia menyatakan bahwa pemilukada yang berkualitas sangat sulit terwujud apabila star awal penyelenggara pemilu keliru dalam membentuk penyelenggara pemilu mulai dari tingkat kecamatan atau yang disebut PPK hingga pada pembentukan penyelenggara PPS di tingkat kelurahan.
Ia menegaskan, kalau ada calon titipan yang masuk jadi pengurus atau anggota PPK. Calon titipan inilah yang dimaksudkan kepala kesbang bisa mempengaruhi kualitas pemilukada itu sendiri. ''Kita tidak bisa melahirkan sebuah produk yang berkualitas kalau kepala kita sendiri tidak berkualitas,'' tandasnya.
Sementara Ketua KPU Kota Palopo, Maksum Runi, dalam pendapatnya menyebutkan bahwa pihak penyelenggara pemilu mulai dari KPU, PPK, hingga pada PPS, dan KPPS. Ia optimis pemilukada Kota Palopo akan terselenggara dengan baik dan berkualitas. Karena, KPU berkeinginan pemilukada di Palopo bisa menjadi contoh pemilukada di daerah lainnya.
Sementara Harla Ratda, SH, MH, berharap kepada semua pihak, terutama pihak penyelenggara pemilu yang di dalamnya terdapat KPU dan Panwas supaya bekerja sesuai dengan aturan main yang ada seperti yang telah diatur dalam undang-undang. Baik itu undang-undang pemilu, dan regulasi lainnya. ''Karena sudah ada pengalaman kita lalu dalam menyelenggarakan pemilukada. Ada kesan pihak penyelenggara melakukan pembiaran. Nah, ini yang kita tidak inginkan pada pemilukada Palopo 2013. Begitu ada kasus yang mencuat maka segera diproses,'' tandas Harla.
Harla juga berpendapat bahwa dalam undang-undang yang mengatur soal pemilu, baik pemilu kepala daerah, legislatif dan presiden, jelas mengatur batas atau dimana itu kasus disebut kadaluarsa. ''Ini yang perlu kita perhatikan seksama, khususnya oleh pihak penyelenggara dalam hal ini yang berkaitan langsung adalah pihak Panwas,'' jelasnya.
Kini giliran Subuhan, SPd, M.Pd, ketua Panwas Kota Palopo. Dalam pandangan Subuhan tentang pemilukada yang berkualitas adalah zero pelanggaran dan paling tidak meminimalisir tingkat pelanggaran terjadi.
''Kalau ini bisa kita lakukan, maka terciptalah yang namanya pemilukada berkualitas,'' jelas Subuhan yang baru saja dilantik sebagai ketua Panwas Kota Palopo.
Sedangkan Syamsul dalam pandangannya menyebutkan bahwa dalam melakukan pembentuk PPK ada kewenangan KPU yang diberikan oleh undang-undang untuk melakukan seleksi. ''Untuk menciptakan pemilukada yang berkualitas juga perlu dukungan dari semua pihak, utamanya para kontestan pemilukada Palopo,'' terang Syamsul.
Diskusi yang dimoderatori Iswandi dari Radio Makara FM, kian menarik. Sebab, peserta diskusi yang memadati lantai II warkop diberi kesempatan untuk memberikan pendapat dan saran bagaimana menciptakan pemilukada yang berkualitas.
Ada yang berpendapat bahwa Panwas tidak lagi seperti 'macam ompong'. Karena, ada kewenangan yang diberikan undang-undang untuk melakukan penindakan kalau terjadi pelanggaran. ''Juga yang perlu dilakukan Panwas adalah membuka ruang dan meminta partisipasi masyarakat dalam melaporkan kalau ada kecurangan atau pelanggaran,'' ujar Soenandar Latief, salah seorang peserta diskusi.
Ada juga Abdul Hakim Djaffar, koordinator tim media HATI (Haidir Basir-Thamrin Jufri). Ia menyebutkan bahwa pasangan HATI jauh hari sebelumnya telah melakukan langkah-langkah yang mengarah pada bagaimana pemilukada berlangsung berkualitas. Ini ditandai dengan dalam setiap sosialisasi HATI selalu mengedepankan pencerahan kepada masyarakat.
Komentar lainnya juga datang dari tim bakal calon walikota Palopo yang akan bertarung melalui jalur independen. Dia adalah tim dari Najamuddin, J, SH.(mg2/ary/t)


  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi