Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

METROPOLIS
Senin, 24 Sep 2012, view 114 x
Mengintip Perkampungan Tua Bantangeng
Kembali Diramaikan dengan Membangun Rumah Persatuan
Seiring dengan pesatnya pembangunan, banyak perkampungan tua sudah tak berpenghuni. Seperti halnya yang terdapat di Kelurahan Mancani, terdapat sebuah perkampungan tua yang tak berpenghuni lagi. Dulu disebut Bantangeng.

Laporan : Samsudar Syam

Jauh dari hiruk pikuk kesibukan manusia, kampung tua Bantangeng berada. Letaknya di kaki bukit Maroanging sebelah selatan, kawasan hijau yang terjaga keasriannya itu diapit dua sisi bukit yang membentuk huruf V.

Wilayah yang dialiri sungai kecil yang tak pernah kering dari puncak bukit itu pernah dipadati pemukiman hingga tahun 1960-an. Seiring dengan terbukanya pembangunan jalan, masyarakat setempat kemudian berbondong-bondong berpindah dari kapung itu dan berpencar ke beberbagai tempat.

Kampung tua Bantangeng berjarak 10 kilometer dai pusat Kota Palopo. Dari pemukiman penduduk, wilayah itu berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Perputaran waktu selama 40 tahun tak menyisakan jejak keberadaan kampung tua itu. Yang ada, pepohonan dan tanaman yang tak lagi produktif menghasilkan buah. Juga pemakaman tua yang tak terawat.

40 tahun, merupakan waktu yang cukup lama. Warga yang pernah bermukim di wilayah itu kemudian membangun komunikasi satu sama lainnya. Itu untuk kembali meramaikan kampung tua tempat dulu mereka mengisi hari-hari.

Untuk kembali menarik semua warga dan juga kerabat yang pernah bermukim di wilayah Bantengeng, warga Mancani yang terkait erat dengan kampung tua itu membangun sebuah rumah perkumpulan. Dibangun dengan swadaya yang nantinya digunakan sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah dan sebagaianya.

Warga perkampungan tua itu merupakan keturunan dari Pallempang Walenrang (sebuah jabatan dalam sistem kerajaan Tana Luwu, red). Itu seperti yang diungkapkan Tokoh Masyarakat Mancani, Abdul Rahman Umar, Minggu 23 September siang kemarin.

Dikatakannya, saat ini, perkampungan itu akan diramaikan kembali. Juga, suatu saat akan dijadikan wilayah adat. "Kerinduan untuk berkumpul bersama membuat kami membangun rumah pertemuan ini. Saat ini, setiap Minggu, kampung tua itu sudah kembali ramai dengan tawa semua keluarga," tuturnya. (*)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi