Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Senin, 11 Mar 2013, view 280 x
HATI Janjikan Tunjangan Kinerja Kesejahteraan Bagi PNS
PALOPO --- Sebagai pasangan kandidat yang telah berpengalaman dalam dunia birokrasi di Kota Palopo, maka pasangan HATI mempunyai keinginan dan komitmen kuat untuk melakukan pembenahan sistem dalam birokrasi pemerintahan jika kelak dipercaya memimpin Kota Palopo.
Komitmen kuat untuk melakukan pembenahan pasangan HATI Sang Pengabdi selalu dikumandangkan dalam setiap pertemuan dengan warga. Hal ini kembali diutarakan saat bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Sabbamparu dan Salobulo, baru-baru ini.
Menurut Haidir Basir, calon wali Kota Palopo, pasangan HATI menyadari bahwa motor penggerak berjalannya birokrasi adalah aparatur daerah. Terkait hal tersebut, masalah klasik yang selama ini dihadapi dalam reformasi birokrasi adalah rendahnya disiplin dan masih belum optimalnya perhatian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan pegawai sehingga diperlukan pendekatan komprehensif untuk mengurai berbagai permasalahan yang ada.
''Salah satu program HATI bila kelak terpilih adalah penerapan tunjangan kinerja/kesejahteraan daerah bagi PNS. Realitas yang terjadi sekarang ini adalah adanya ketimpangan pemberian tambahan penghasilan bagi PNS. Di beberapa unit kerja yang mengelola anggaran besar, seorang PNS bisa mendapatkan tambahan penghasilan di luar gaji yang jauh lebih besar dibanding unit kerja lainnya, hal ini disebabkan karena tambahan penghasilan dalam bentuk honorarium itu melekat pada kegiatan sehingga semakin besar anggaran suatu SKPD, maka semakin besar pula tambahan penghasilan didapatkan oleh PNS,'' ujar HB.
Sementara itu, lanjut HB, PNS yang ada di beberapa SKPD yang mengelola anggaran kecil seperti kecamatan dan kelurahan justru mendapatkan tambahan penghasilan lebih kecil, padahal mereka melakukan tugas yang cukup berat dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Hal ini bukan saja tidak adil, urai HB, tetapi juga dapat merusak tatanan nilai dalam pembinaan aparatur, karena PNS akan berusaha mendapatkan tempat pada unit-unit kerja yang mengelola anggaran besar tersebut.
Bagaimana mewujudkannya? ''Program ini akan ditempuh dengan mengakumulasikan seluruh belanja honorarium pegawai yang melekat pada setiap kegiatan diseluruh SKPD, hasilnya kemudian akan dikelola secara legal dan diberikan dalam bentuk tunjangan resmi secara merata kepada seluruh PNS yang didasarkan pada kinerjanya. Kinerja diukur dari tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh setiap aparatur daerah, baik berdasarkan beban kerja, tempat tugas, kondisi kerja, kelangaan profesi dan prestasi kerja,'' paparnya.
Dengan penerapan tunjangan kinerja/kesejahteraan daerah maka tidak akan ada lagi istilah tempat basah dan tempat kering, atau tempat mata air dan tempat 'airmata', disamping itu PNS akan merasa mendapatkan penghargaan yang layak, dan yang lebih penting lagi adalah memberikan motivasi kerja kepada PNS untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Karena tunjangan penghasilan yang diberikan didasarkan pada kinerja.
Dari pengalaman beberapa daerah, keberhasilan reformasi birokrasi sangat ditentukan oleh faktor kunci yaitu adanya keinginan dan komitmen kuat kepemimpinan daerah, dan pasangan HATI memiliki keinginan dan komitmen itu.
''Saya juga selaku bagian dari keluarga besar birokrat Pemkot Palopo, merasa prihatin dengan kondisi internal Pemkot Palopo saat ini, dimana aparat PNS merasa tidak nyaman lagi melakukan tugas-tugasnya akibat adanya ulah oknum pejabat yang mengobok-obok tatanan birokrasi sehingga menciptakan keresahan di kalangan PNS. Saya heran, kenapa ada pihak yang merasa terancam karirnya jika HATI yang terpilih,'' tandas HB saat ditemui di markas center, Minggu 10 Maret 2013, kemarin, didampingi Koordinator Tim Media HATI, Abdul Hakim Djaffar, dan sejumlah tim lainnya.
Padahal, lanjut HB, faktanya sekarang adalah PNS yang dicurigai mendukung HATI justru itu yang dimutasi dan dinonjobkan.
Sekali lagi, terang HB, tidak ada sama sekali dalam benak pemerintahan HATI kalau terpilih untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti itu. ''Justru jika HATI terpilih yang pertama kami lakukan adalah mengembalikan suasana yang nyaman dan kondusif di lingkungan birokrasi Pemkot Palopo, dan semua aparat PNS sama peluangnya untuk dipromosikan menduduki jabatan sesuai kompetensi dan potensinya, masing-masing,'' paparnya.(ary/uce)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi