Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Sabtu, 20 Jul 2013, view 2199 x
Lutim Usulkan 1.545 Formasi CPNS 2013
Guru dan Tenaga Kesehatan Dominasi
MALILI--- Alumni keguruan atau yang memiliki Akta IV dan alumni ilmu kesehatan yang berdomisili di Luwu Raya boleh bergembira. Karena, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) 2013, akan didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Selebihnya, akan menerima tenaga teknis.
Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Lutim mengaku, telah mengusulkan 1.545 formasi CPNS Lutim ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Dari 1.545 formasi itu, didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Hanya saja, tidak dijelaskan angka pastinya.
Kepala BKPPD Lutim, Noviya Syahriani Syam kepada Palopo Pos, Jumat, 19 Juli kemarin mengatakan, untuk saat ini, pihak BKPPD Lutim masih melakukan konsultasi ke BKN di Jakarta terkait jumlah formasi yang akan disetujui oleh BKN.
''Saya sekarang berada di Jakarta untuk melakukan konsultasi dengan pihak BKN terkait jumlah jatah formasi yang disetujui. Kalau Lutim, sudah ada jumlah yang kami usulkan, yakni 1.545 formasi CPNS jalur umum. Tapi, kesemuanya belum tentu disetujui oleh BKN. Jadi, kita tunggu saja hasilnya berapa yang disetujui,'' tutur Noviya Syahriani Syam.
Noviya Syahriani Syam menjelaskan, untuk proses perekrutan CPNS 2013, BKPPD Lutim akan mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan.
Mengenai jadwalnya, tentunya masih menunggu jumlah formasi yang disetujui oleh BKN.
''Yang jelas, proses perekrutan akan mengikuti aturan yang ada. Hanya saja, kami belum bisa pastikan kapan proses perekrutan dimulai. Karena, jumlah formasi CPNS 2013 belum ada dari BKN,'' ujarnya.
Ditambahkan, perlu juga disyukuri, karena dari sejumlah kabupaten di Sulsel, hanya ada beberapa kabupaten saja yang mendapatkan jatah formasi CPNS, termasuk Luwu Timur.
''Makanya kami merasa bersyukur dengan adanya jatah formasi CPNS 2013 di Lutim,'' katanya.

TES HONORER K2 LEBIH AWAL
Sementara itu, seleksi penerimaan CPNS dari jalur pelamar umum dan honorer kategori dua (K2) akan dilakukan di bulan September. Hanya saja, metode tesnya berbeda, namun tetap berbasis kompetensi.
Selain ada tes kompetensi dasar (TKD, juga tes kompetensi bidang (TKB) sesuai kebutuhan jabatan.
"Yang kita tes duluan honorer K2, kemudian pelamar umum. Sebab yang diprioritaskan penyelesaiannya adalah honorer tertinggal," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Kamis (18/7).
Ia menambahkan, perbedaan utama dari seleksi pelamar umum dan honorer tertinggal terletak pada metode tesnya. Jika seleksi pelamar umum dilakukan dengan computer assisted test (CAT) yang difasilitas Badan Kepegawaian Negara (BKN), honorer K2 tidak berlaku demikian. Seleksinya dilaksanakan tes tulis atau menggunakan lembar jawaban komputer (LJK).
''Untuk tes tulis honorer dilakukan instansi masing-masing. Namun soal, LJK dan pengolahan hasil LJK dilakukan oleh panitia pengadaan CPNS nasional dibantu Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," terangnya.
Azwar yang mantan Plt Gubernur Aceh ini menambahkan, metode CAT akan dilaksanakan mulai 2013 dan seterusnya. Sebab, lewat CAT tiap peserta tes akan langsung melihat hasil kerjanya tanpa harus menunggu lama.
''Biarkan honorer K2 kita pakai LJK, kalau pelamar umum sudah harus pakai CAT. Tapi semua soal baik honorer K2 maupun pelamar umum disusun oleh Konsorsium PTN,'' katanya.

TES DIPERMUDAH
Para pelamar CPNS yang jauh dari Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak perlu bersusah hati. Pemerintah memberikan alternatif metode tes CPNS lewat uji tertulis atau lembar jawaban komputer (LJK).
Menurut Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, pemberlakuan LJK diberikan kepada daerah yang tidak siap dengan komputernya.
Terlebih fasilitas komputer yang ada di 12 Kanreg BKN hanya 600 unit sehingga kurang memadai untuk digunakan seluruh peserta.
"Kita ikut mempertimbangkan daerah yang jauh dari Kanreg BKN sebagai tempat tes CAT. Kalau belum siap, boleh menggunakan sistem LJK untuk tes kompetensi dasarnya," terang Iwan saat membawakan materi dalam Rakornas Pengadaan CPNS 2013 di Balai Kartini, Kamis (18/7).
Mantan pejabat di Jabar ini menambahkan, metode tes tertulis dengan LJK berlaku bagi instansi yang jumlah pelamarnya besar dan tempat tes tidak berada dalam satu lokasi.
"Prinsipnya tes CPNS harus melewati tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). TKD bisa lewat CAT dan LJK yang soalnya ditentukan oleh panitia pengadaan CPNS nasional. Sedangkan TKB, tesnya ditentukan masing-masing instansi," tandasnya. (tan-jpnn/uce)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi