Cari

 

 PAGE VIEW
OLAHRAGA
Play Off Bola Diundur Lagi
BELOPA --- Panitia play off Pra Porda cabang olahraga (cabor) sepakbola yang sebelumnya menjadwalkan laga play off digelar pada bulan Januari ini, kembali molor hingga Februari nanti. Play off yang recananya diikuti oleh

INFOTAINMENT
Agnes Monica Resmi Dikontrak Label Internasional
Jakarta--- Setelah sekian lama, akhirnya Agnes Monica membuktikan ucapannya untuk benar- benar Go International. Hal itu dibuktikan dengan dikontraknya Agnes oleh label internasional. Kabar tersebut disampaikan

DARI REDAKSI
Sukses, Jalan Sehat Demi Indonesia dan Senam Dahlan Style di Palopo
Dua event yang digelar PALOPO POS pada 8-9 Juni 2013 akhir pekan kemarin, yakni Lomba Dance Gangnam Style serta Jalan Sehat Demi Indonesia & Senam Dahlan Style, berlangsung sukses dan meriah.

SKPD Minim PAD, Wali Kota Bilang Maaf Saja
Lebih-lebih Kalau Korupsi...

73 Ribu Kades Bisa Terjerat Korupsi
Maaf Saja...

BERITA UTAMA
Senin, 22 Jul 2013, view 571 x
Tes Honorer K2 September, Umum Oktober
Hati-hati Calo CPNS
RANTEPAO--- Dua daerah yang akan menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Luwu Raya dan Toraja masing-masing Luwu Timur dan Toraja Utara, bakal dibanjiri pendaftar. Banyaknya pendaftar, akan dimanfaatkan oknum tertentu untuk meraup keuntungan. Calo-calo, bakal memanfaatkan kesempatan itu.
Makanya, sejak awal pihak pemerintah daerah termasuk pusat, mewanti-wanti kepada pendaftar, tidak mempercayai calo. Karena, ini akan diseleksi dengan bersih dan transparan.
Penyelenggaraan tes CPNS akan menggunakan sistem program Computer Assisted Test (CAT). Program CAT ini adalah hampir mirip dengan Uji Kompetensi Guru. Dimana peserta yang mengikuti tes, akan diberikan soal ujian secara online dan jawaban langsung diterima di server pusat. Sehingga di saat peserta ujian selesai melaksanakan tes, mereka akan langsung mengetahui hasil testnya pada saat itu juga.
Jumlah komputer untuk CAT yang terpasang di kantor BKN Pusat ada 140 unit. Yang tersebar di 12 kantor regional BKN masing-masing berjumlah 50 unit. ''Sosialisasi tes menggunakan sistem CAT ini dilakukan minggu kedua dan ketiga Agustus. Lalu, persiapan tes CAT dijalankan Agustus, September, atau Oktober,'' jelas Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, Minggu, 21 Juli kemarin.

DOMINAN GURU
Penerimaan CPNS di Luwu Raya dan Toraja, akan didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.
Lutim dipastikan akan menerima tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Sementara Torut sendiri, akan menerima tenaga pendidik untuk tahun 2013 ini.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Toraja Utara, Dra. Yosefina S Pali, pada Palopo Pos, Sabtu, 20 Juli di ruang kerjanya, mengatakan, untuk formasi khusus guru kelas dan guru produktif yang akan diterima hanya berkisar 50 orang.
Untuk formasi guru kelas dan guru produktif ini, lanjutnya, pihak BKN meminta rinciannya dan secepat mungkin dilaporkan.
''Formasi sebanyak 50 untuk guru kelas dan guru produktif ini, akan segera kami koordinasikan dengan Dinas Pendididikan Toraja Utara. Setelah itu, segera dikirim ke BKN,'' urai Yosefina.
Yosefina memeberikan gambaran , selain guru kelas yang dimaksudkan dengan guru produktif yakni tenaga guru Tata Boga, guru Las, guru TIK, Otomotif, dan lain-lainnya. ''Jadi bidang-bidang itulah yang mau dirinci berapa banyak jumlahnya masing-masing,'' jelasnya.
Menyinggung tentang kapan dimulainya penerimaan CPNS, Yosefina menyebutkan, akan dilakukan Oktober mendatang. Mengenai syarat-syaratnya belum diketahui, dan masih ditunggu dari provinsi. Diperkirakan, pendaftar akan membludak, karena dalam beberapa tahun terakhir ini, tidak ada penerimaan CPNS.
Sementara khusus untuk tenaga honorer Kategori 2 Kabupaten Toraja Utara, yang sudah dinyatakan lolos verifikasi, selanjutnya akan mengikuti ujian akhir untuk menentukan lulus tidaknya menjadi CPNS. Ujiannya sendiri akan digelar September mendatang.
''Khusus honorer K2 yang sudah lolos verifikasi, selanjutnya akan mengikuti ujian yang akan dilangsungkan pada minggu ke-4 di bulan September tahun ini. Tempat pelaksanaannya nanti diadakan di Toraja Utara,'' kunci Yosefina.

613.919 Honorer K2 Dites
Sebanyak 613.919 tenaga honorer kategori dua (K2) akan mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada September atau Oktober nanti.
Menurut Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yulina Setiawan, masih ada 21 instansi yang belum melaporkan hasil uji publik. Selain itu, ada 41 instansi yang mengusulkan penambahan honorernya tidak sesuai aplikasi dan tanpa formulir.
"Sesuai jadwal honorer K2 ditesnya pada September. Namun karena data K2 terus berubah, jadwalnya bisa undur sampai Oktober," ujar Yulina dalam keterangan persnya, Sabtu (20/7) seperti dilansir JPNN (PALOPO POS GRUP), Minggu, 21 Juli kemarin.
Sementara Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, alokasi formasi honorer K2 akan diberikan untuk tahun 2013 bila jumlah yang memenuhi passing grade (nilai ambang batas) kurang dari jumlah PNS yang pensiun pada instansi bersangkutan. Atau dialokasikan untuk formasi 2013 dan 2014 bila jumlah yang memenuhi passing grade melebihi PNS yang pensiun pada instansi bersangkutan.
"Kita akan mendahulukan usia yang lebih tua. Alokasi formasi ini juga tetap memperhatikan prosentasi anggaran belanja pegawai dalam APBD," ujarnya.
Metode tes menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Kuota untuk tenaga honorer K2 telah ditetapkan sebanyak 30 persen dari jumlah honorer K2 nasional. Materi tes meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Penggandaan dan distribusi soal oleh Panitia Pengadaan CPNS Nasional.
"Pelaksanaan tes dilakukan di instansi masing-masing. Untuk kabupaten/kota akan dikoordinasikan gubenur," ucapnya.
LJK hasil tes, lanjut Setiawan, disampaikan ke Panitia Pengadaan CPNS Nasional. Penentuan hasil seleksi ditentukan oleh passing grade dan diumumkan oleh MenPAN-RB. (yoel-jpnn/uce/e)

  Komentar Terkini ( 0 Komentar )
   Baca Komentar    Tambah Komentar

  BACA JUGA
INDEKS RUBRIK   
KREATIVITAS SEKOLAH
Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
PALOPO---- Dua siswa SMANsa Palopo yang tampil pada English Competition Tingkat Nasional, yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politekhnik Makassar, beberapa waktu lalu, lagi-lagi